Sabtu, 19 Oktober 2013

BAHAYAKAH KEPUTIHAN ANDA???


Keputihan atau Fluor Albus adalah kombinasi dari cairan dan sel yang terus keluar melalui vagina. Fungsi dari keputihan adalah untuk membersihkan dan melindungi vagina. Dan memang normalnya wanita mengeluarkan keputihan diwaktu-waktu tertentu. Warna dan konsistensi keputihan bervariasi dari putih dan lengket dan berair jelas di antara periode menstruasi, sesuai dengan tahap siklus reproduksi.  Dan juga normal bila mengeluarkan cairan vagina selama masa kehamilan.

Walaupun sejatinya keputihan memiliki fungsi yang penting bagi kaum wanita tapi ada juga keputihan yang kehadirannya menggangu kaum wanita itu sendiri. Keputihan ini disebut keputihan abnormal (patologis). Keputihan normal (fisiologis) adalah keputihan yang biasanya terjadi setiap bulannya, biasanya muncul menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi, saat masa subur, saat hamil, saat mendapat rangsangan seksual, atau saat banyak melakukan aktivitas fisik yang kesemuanya tidak menimbulkan keluhan tambahan seperti bau, gatal, dan perubahan warna. Keputihan yang termasuk dalam keadaan normal, cairan yang keluar cenderung jernih atau sedikit kekuningan dan kental seperti lendir serta tidak disertai bau atau rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar.
Sedangkan untuk keputihan abnormal (patologis) biasanya keluar dari vagina secara berlebihan yang berwarna putih kekuningan atau putih kekelabuan baik encer maupun kental, berbau tidak sedap dan bisa menyebabkan rasa gatal. Kelainan keputihan ini dapat disebabkan oleh infeksi atau bisa juga disebabkan oleh bakteri, virus, jamur atau juga parasit. Infeksi ini dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing sehingga menimbulkan rasa pedih saat si penderita buang air kecil
Selain itu keputihan yang abnormal bhsa juga disebabkan karena  gejala menopause, namun keputihan ini relatif tidak berbahaya, tetapi bisa juga menimbulkan kekuatiran dan ketidaknyamanan. Adanya keputihan abnormal juga bisa merupakan gejala dari infeksi menular seksual tertentu, beberapa ada yang dapat menyebar ke rahim, indung telur dan saluran tuba.
Oleh sebab itu kenali keputihan anda segera, bila cairan keputihan yang keluar dari vagina anda memberikan rasa tidak nyaman anda patut untuk mencurigainya dan apabila anda tidak bisa menanganinya sendiri anda bisa berkonsultasi dengan Dokter anda untuk mengetahui adakah gangguan serius dengan keputihan anda.   

Article From :  metropolehospital
Peringatan : jika kamu merasa artikel kami belum jelas atau anda ada pertanyaan lain, maka anda bisa klik konsultasi online, dimana pakar kami akan menjawab pertanyaan anda, atau hubungi nomor 021-6911922. Metropole Hospital Jakarta berharap semoga anda senantiasa sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar