Rabu, 09 Oktober 2013

KOMPLIKASI DAN CARA PENCEGAHAN FISURA ANUS


Fisura anus bila tidak ditangani dengan benar atau tidak segera mendapatkan penanganan makan akan menimbulkan komplikasi seperti berikut :
1.     Dapat menyebabkan kekambuhan atau berulangnya Fisura Ani
2.     Menyebabkan kerobekan otot-otot di sekitar dubur
3.     Perdarahan
4.     Anemia
5.     Incontinensia feses
6.     Strangulasi
Fisura ani merupakan suatu robekan atau luka pada daerah anus yang berbatasan dengan kulit. Pada daerah tersebut terdapat banyak saraf sensorik, sehingga adanya luka di daerah tersebut akan menimbulkan rasa sakit. Namun kondisi ini dapat dicegah dengan beberapa cara,antara lain dengan  cara :
  • Berolahraga secara rutin
  • Menjaga daerah anal tetap kering
  • Menjaga diet tinggi serat
  • Minum banyak air untuk membasuh zat beracun dari kandung kemih anda
Fisura ani memang mudah untuk mengalami rekurensi (kekambuhan). Kekambuhan fisura ani biasanya dipicu oleh adanya feses yang keras dan besar saat buang air besar yang menyebabkan anus dipaksa untuk meregang saat buang air besar sehingga timbulah cedera ulang pada daerah anus tersebut.
Untuk mencegah kekambuhan fisura ani, sebaiknya anda mulai melakukan perubahan pada gaya hidup anda, antara lain dengan :
  • Tingkatkan konsumsi makanan berserat
  • Tingkatkan asupan cairan ke dalam tubuh minimal 8 gelas sehari (2 gelas saat bangun pagi, 4 gelas sepanjang hari, 2 gelas saat akan tidur). Konsumsi makanan yang kaya akan serat harus diimbangi dengan minum cairan dalam jumlah banyak. Peningkatan asupan cairan ke dalam tubuh tanpa diikuti oleh peningkatan asupan serat tidak akan memberikan pengaruh yang bermakna mencegah dan mengatasi konstipasi yang dapat memicu kekambuhan fisura ani.
  • menghindari konsumsi kafein, teh atau alkohol yang berlebihan
  • menghindari kebiasaan menunda buang air besar
Cobalah untuk melakukan perubahan gaya hidup seperti yang telah disebutkan diatas. Jika tetap terjadi kekambuhan pada fisura ani anda dapat menggunakan obat pelunak tinja, sehingga risiko untuk terjadinya cedera ulang pada anus akibat feses yang keras akan berkurang. Pemberian obat yang anda konsumsi selama ini ditujukan untuk menghilangkan rasa sakit yang timbul setiap kali keluhan anda kambuh, karena itu anda tetap dapat menggunakan obat tersebut untuk mengatasi rasa sakit yang timbul setiap kali fisura ani anda kambuh.

 Article from :metropolehospital

Tidak ada komentar:

Posting Komentar