Kamis, 31 Oktober 2013

BAHAYAKAH PENYAKIT ADNEXITIS ITU ???

Adnexitis adalah infeksi atau radang pada adnexa rahim yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Adnexa adalah organ reproduksi wanita berupa jaringan yang berada di samping kanan dan kiri melekat pada rahim, yang bernama tuba fallopi dan ovarium. Istilah lain yang sering digunakan untuk menyebut penyakit ini adalah  salpingo-ooforitis. Radang ini biasanya terjadi bersamaan dimana jika itu terjadi fungsi ovarium untuk menghasilkan sel telur dan tuba baik sebagai saluran untuk lewatnya sel telur bisa terganggu sehingga fungsi wanita untuk mendapatkan keturunan pun bisa terganggu. Radang ini bisa menyerang salah satu atau kedua tuba falopi dan ovarium  dan kebanyakan akibat infeksi yang menjalar keatas dari uterus, walaupun infeksi ini bisa datang dari tempat ekstra vaginal lewat jalan darah atau menjalar dari jaringan sekitarnya. Sebab yang paling banyak terdapat adalah infeksi gonorroe, chlamidia dan infeksi puerperal dan postabortum. Kira-kira 10% infeksi disebabkan oleh tuberculosis. Selanjutnya bisa timbul radang adnexa sebagai akibat tindakan kerokan, laparotomi, pemasangan IUD serta perluasan radang dari alat yang letaknya tidak jauh seperti appendiks.
Gambar
Penyakit adnexitis atau salpingo ooporitis terbagi atas  Salpingo ooporitis akut dan Salpingo ooporitis kronik, dimana Salpingo ooporitis kronik sendiri dapat dibedakan pembagian antara:
a.    Hidrosalping
b.    Piosalping
c.    Salpingitis interstisialis kronika
d.   Kista tubo ovarial, abses tubo ovarial.
e.    Salpingitis tuberkulosa
Dengan gejala umum demam tinggi dan menggigil, nyeri perut bagian kiri dan kanan terutama apabila dilakukan penekanan, setelah lewat bebrapa hari dijumpai pula tumor dengan batas yang tidak jelas dan nyeri ketika ditekan, pada pemeriksaan dalam dapat diketahui nyeri apabila portio digoyangkan.
Secara umum, pengobatan adnexitis ini umumnya berupa terapi antibiotik. Jika dengan terapi ini tidak terjadi kemajuan, maka penderita perlu dibawa ke rumah sakit untuk diberikan terapi lainnya. Rawat inap menjadi sangat diperlukan apabila:
  1. keluar nanah dari tuba fallopi
  2. kesakitan yang amat sangat (seperti: mual, muntah, dan demam tinggi)
  3.  penurunan daya tahan tubuh
  4. kehamilan
Article From :  metropolehospital

Peringatan : jika kamu merasa artikel kami belum jelas atau anda ada pertanyaan lain, maka anda bisa klik konsultasi online, dimana pakar kami akan menjawab pertanyaan anda, atau hubungi nomor 021-6911922. Metropole Hospital Jakarta berharap semoga anda senantiasa sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar