Sabtu, 12 Oktober 2013

APA YANG SEBAIKNYA DILAKUKAN JIKA MENGALAMI SEMBELIT


Apabila mengalami sembelit ada beerapa cara udah yang dapat kita lakukan untuk mengatasinya,yaitu dengan cara :
  1. Minum ekstra 2-4 gelas air, gunakan air hangat terutama di pagi hari.
  2. Tambahkan buah-buahan dalam diet anda
  3. Minum susu dapat dicoba untuk meningkatkan pergerakan usus anda
  4. Jangan sembarang menggunakan pencahar tanpa konsultasi dengan dokter karena dapat memperberat konstipasi yang anda alami.
  5. Hindari makanan yang dapat beresiko menyebabkan konstipasi, yaitu makanan seperti :
a.       Makanan Olahan
Patut diketahui bahwa berbagai makanan olahan sesungguhnya tidak baik untuk kesehatan karena mengandung sedikit sekali serat. Apabila Anda mengonsumsi makanan olahan secara terus-menerus dalam jangka panjang akan membuat terganggunya saluran pencernaan.
Beberapa makanan seperti makanan beku, pizza, burger, dan lainnya merupakan makanan olahan yang sebaiknya Anda hindari untuk konsumsi jangka panjang.
b.    Daging Merah
Sama dengan makanan olahan, daging kambing atau sapi jika dikonsumsi tanpa disertai sayuran sangat mungkin beresiko menimbulkan sembelit.
Makanya, sebaiknya Anda membiasakan untuk menyertakan sayuran ketika akan mengonsumsi daging supaya saluran pencernaan bisa lebih mudah mencernanya. Anda tahu, daging memerlukan waktu sampai 90 jam untuk dapat dicerna dengan baik.
c.    Kafein dan Biskuit
Kafein juga dapat menimbulkan sembelit karena dapat memicu terjadinya dehidrasi pada tubuh manusia. Dan dehidrasi itu yang menjadi penyebab utama terjadinya sembelit.
Biskuit juga merupakan makanan yang juga dapat menimbulkan sembelit pada orang yang menyantapnya. Selain itu, kandungan biskuit yang tinggi gula dan lemak namun rendah serat akan memicu adanya timbunan lemak di paha dan juga beresiko terkena penyakit diabetes. Konsumsi biskuit sebaiknya diimbangi pula dengan mengonsumsi makanan banyak serat, buah, dan sayuran.
d.    Makanan Berminyak
Produk makanan yang mengandung minyak juga bisa menyebabkan sembelit. Terutama bagi Anda yang sedang berada di usia peralihan dari 20-an ke 30-an untuk sedikit mengurangi konsumsi makanan berminyak dan asin yang dapat menimbulkan resiko terkena berbagai masalah pencernaan.


 Articled From : metropolehospital
Peringatan : jika kamu merasa artikel kami belum jelas atau anda ada pertanyaan lain, maka anda bisa klik konsultasi online, dimana pakar kami akan menjawab pertanyaan anda, atau hubungi nomor 021-6911922. Metropole Hospital Jakarta berharap semoga anda senantiasa sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar